Tugas 1


Tugas  1
NPM   : 11517495
Kelas   : 2PA06
Mata Kuliah : Psikologi & Teknologi Internet #

1.      Pengertian dan Sejarah Internet
Pengertian Internet
Internet berasal dari kata Interconnection Netwroking yang berarti hubungan dan berbagai tipe (platform) komputer yang membentuk sistem jaringan yang yang mencakup seluruh dunia melalui jalur telekomunikasi.
Sejarah Internet
Pada tahun 1969 Internet dirintis sebagai bagian dari respon pemerintah atas proyek Sputnik , dengan bantuan finansial dari pemerintah (Amerika) melalui Advanced Research Project Administration (ARPA). Tujuan awal dari dibangunnya proyek tersebut adalah untuk keperluar militer. Departemen Pertahanan Amerika menggunakannya untuk menghubungkan daerah – daerah yang vital agar bisa terhubung untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan gangguan keamanan lainnya. Aplikasi internet yang pertama kali ditemukan adalah FTP (File Transport Protoco) yang merupakan sebuah cara yang digunakan untuk mengirimkan file pada tahun 1984, pada tahun itu pula diperkenalkan DNS (Domain Name System) yang digunakan untuk mengganti suatu IP (Internet Protocol) agar lebih mudah diingat.
Pada tahun 1986, Lembaga ilmu pengetahuan nasional Amerika Serikat, US NSF (National Science Foundation) mendukung pembuatan jaringan TCP/IP yang didanai oleh organisasi NSFNet, jaringan ini menjadi embrio berkembangnya internet sampai saat ini. pada tahun 1987 berdirilah sebuah ISP (Internet Service Provider) yang diberi nama UUNet yang pada saat itu merupakan provider utama internet. Pada tahun 1995 perkembangan internet semakin luas, hal  ini ditandai dengan hadirnya penyedia jasa internet (ISP). NSFnet yang menjadi tulang punggung internet menjadi jaringan untuk keperluan riset. Seiring berjalannnya waktu, aplikasi internet semakin bertambah dengan diciptakannya WAIS (Wide Area Information Servers), Gopher dan WWW (World Wide Web)
2.      Jenis- jenis Koneksi Internet
Koneksi internet yang digunakan oleh setiap pengguna tentunya berbeda, koneksi internet terdiri dari dua jenis, yaitu koneksi internet dengan menggunakan kabel dan nirkabel (wireless).

·         Koneksi internet kabel :
a.       Dial-up : meruupakan koneksi internet yang memanfaatkan jalur telepon, dengan cara menghubungi nomor telepon khusus agar bisa digunakan untuk berinternet. Koneksi dial-up memang jauh lebih lambat dibandingkan dengan koneksi internet lainnya, kecepatan maksimalnya hanya sekitar 56 Kbps.
b.      ADSL : ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) merupakan koneksi internet boardband yang cepat dibandingkan dengan koneksi dial-up, GPRS atau CDMA, ADSL/DSL memiliki kecepatan transfer besar karena menggunakan jalur pita yang lebar. Teknologi ADSL memberikan kecepatan transfer data yang berbeda antara proses pengiriman data (upload) dan penerimaan data (download) untuk mengikat keduanya maka digunakan istilah Asymmetric untuk teknologi ini. ADSL mampu mengirimkan data yang besar, yaitu sekitar 1,5 Mbpsd-8 Mbps untuk downstream (dari sentral ke pelanggan) dan 16 Kbps- 640 Kbps untuk arah upstream (dari pelanggan ke sentral ).

·         Koneksi Internet Nirkabel
Merupakan bidang disiplin yang berkaitan yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat (beberapa meter menggunakan Bluetooth) maupun pada jarak jauh (lewat satelit). Bidang ini berkaitan erat dengan bidang telekomunikasi, teknologi informasi, dan Teknik komputer. Jaringan nirkabel menghubungkan satu sistem komputer dengan menggunakan beberapa macam transisi tanpa kabel seperti : gelombang radio, gelombang mikro, dan cahaya infra merah.
Jenis jaringan nirkabel yang populer antara lain : WLAN/ LAN dan Wi-Fi

3.      Perangkat yang dihubungkan untuk Koneksi ke Internet  

1.      Hub
2.      Bridge
3.      Switch
4.      Router
5.      Gateaway


Sumber :
1.      Briggs, Asa, Peter Burke. 2006. Sejarah Sosial Media. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia
2.      Juju, Dominikus, MataMaya Studio. 2008. Teknik Mempercepat Koneksi Internet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
3.      Wikipedia. (2017, 3 Februari). Jaringan Internet . diakses pada tanggal 28 Maret 2019 melalui : https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_nirkabel
4.      Wikipedia. (2019, 13 Maret). Jaringan Komputer . diakses pada tanggal 28 Maret 2019 melalui : https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Kebudayaan Suku Korowai

ANALISIS PUISI "DOA" - Chairil Anwar

GENERASI MILLENNIAL